Tips Merawat Kain Endek – Tetap Awet

kainKutaraya.com. Setiap kain pada umumnya memang memerlukan cara-cara dalam perawatannya, begitu juga dengan kain endek. Kain endek memerlukan cara khusus dalam merawatnya sehingga tetap terlihat awet dan warnanya tidak memudar. Apalagi bila kain endek yang anda punya memiliki warna yang biasanya sangat cemerlang dan terlihat sangat elegan, pastinya akan sangat penting bagi kawan-kawan untuk mengetahui cara yang tepat dalam merawat kain tersebut.

Jangan Sering-sering dicuci. Pada umumnya kain / baju memang seringkali perlu dicuci bila kotor. Namun khusus untuk kain endek anda tidak perlu seringkali mencucinya bila kotor. Kalaupun ingin dicuci, ada caranya yang harus anda perhatikan. Caranya adalah dengan cara mencelup-celupkannya ke dalam air. Jangan lupa untuk tidak menggunakan detergent pada saat mencucinya. Hal ini dapat menyebabkan luntur pada warna kain endek anda.

Jangan dijemur matahari langsung. Bila anda menjemurnya, usahakan tidak terkena matahari langsung. Jadi jemurlah dengan cara mengangin-anginkan saja. Menjemur di terik matahari juga dapat mengakibatkan warna corak kannya menjadi pudar.

Hati-hati dalam meyetrika. Saat anda ingin menyetrika kain ini, cobalah untuk tidak menyetrika pada saat kondisi kering, tapi dalam kondisi setengah kering. Selain itu jangan menggunakan setrika pada saat kondisi panas sekali. Cukup dalam kondisi setengah panas. Suhu setrika yang panas, bisa merusak kain anda.

Jangan pakai mesin cuci. Apapun mesin cuci anda , jangan pernah sekali-kali menggunakannya dalam mencuci kain endek anda ataupun menggunakan mesin pengering yang ada di mesin cuci anda. Hal ini juga bisa merusak kain anda , karena system mesin cuci dalam mencuci cukup dapat membuat kain anda menjadi terlilit-lilit dan dalam jangaka panjang akan bisa robek.
Gunakan pewangi. Hal ini perlu anda lakukan saat menyimpannya di lemari agar terhindar dari binatang-binatang yang bisa merusak kain endek kesayangan anda. Bila anda ingin menyimpannya dalam jangka waktu lama, anda juga bisa menutupnya dalam plastik khusus untuk kain anda.
Selamat mencoba !

Leave a Reply

%d bloggers like this: