Tips Jalan – Jalan Hemat

backpack-travellingTraveling sudah tak lagi menjadi sesuatu yang mewah karena harga tiket pesawat lebih terjangkau serta hadirnya teknologi yang efisien. Hal ini merevolusi cara orang bepergian dan merencanakan liburannya.

Bagi penduduk kota besar seperti Jakarta, berwisata bahkan jadi semacam keharusan untuk menyegarkan pikiran dari kepadatan rutinitas. Berikut adalah beberapa kiat yang biasa dilakukan bagi traveler pemula untuk dapat jalan-jalan dengan hemat

1. Memantau akun-akun maskapai penerbangan atau agen travel online

Mengikuti perkembangan promosi maskapai penerbangan dan agen travel online merupakan langkah tepat bagi traveler untuk berhemat, mengingat biaya transportasi merupakan angka terbesar perjalanan Anda. Promosi biasanya dilakukan maskapai pada periode off-season, seperti Januari, Maret, April, Agustus, September, dan Oktober. Anda bisa memantau akun Twitter dan Facebook maskapai dan agen travel online yang sering melakukan promosi seperti Airasia, Citilink, Tigerair dan Tiket.com.

2. Cermat memilih transportasi

Saat memesan tiket pesawat, Anda tak perlu memesan tiket maskapai yang sama. Orang cenderung berpikir bahwa membeli round trip (pergi-pulang) akan lebih murah daripada membeli one way (pergi saja atau pulang saja), padahal ini hanya mitos. Belilah tiket dari maskapai yang berbeda untuk pergi dan pulang.
Perlu diingat, pesawat juga tak selalu jadi satu-satunya pilihan transportasi. Sekarang jadwal dan tiket kereta api sudah bisa didapatkan secara online. Karena itu, bandingkan dan kombinasikanlah perjalanan yang sesuai dengan anggaran dan jadwal anda.
Sementara itu, untuk transportasi di tempat tujuan, gunakanlah moda transportasi lokal seperti ojek, becak, atau bus, daripada Anda naik taksi yang ongkosnya bisa berkali lipat.

3. Akomodasi cerdas

Hotel bukan satu-satunya solusi akomodasi perjalanan Anda. Traveler juga bisa menggunakan dan mencari hostel secara online. Jangan khawatir, hostel tak selalu mengenaskan bentuknya. Akomodasi ini merupakan pilihan paling umum bagi traveler seluruh dunia.

Pilih hostel yang sudah memiliki rekomendasi pada website seperti TripAdvisor atau forum-forum backpacker. Selain lebih murah, hostel biasanya juga menyediakan akses internet gratis, sarapan gratis, serta info-info atraksi wisata yang menarik.

4. Antisipasi kebutuhan harian

Sama seperti ketika tinggal di rumah, saat jalan-jalan pun kita membutuhkan produk tertentu setiap harinya. Agar tak mengeluarkan uang lebih untuk kebutuhan tersebut, dari rumah, bawalah obat, perlengkapan mandi sendiri seperti sabun, shampo, sikat, dan pasta gigi, atau juga produk lain yang Anda pakai secara reguler. Jika tak ingin memakan terlalu banyak tempat, bawa dalam ukuran kecil atau sachet sesuai dengan lama waktu perjalanan Anda.

5. Persiapkan budget

Banyak yang lupa menyiapkan batasan anggaran traveling. Hal ini penting karena traveler tak pernah menghitung biaya secara keseluruhan, sehingga biaya yang kecil-kecil sering diabaikan, akhirnya anggaran pun sebenarnya membengkak.

6. Riset soal agen travel online

Agen travel mungkin memberikan kemudahan dan kenyamanan, tapi Anda pasti tahu bahwa biaya perjalanan akan menjadi lebih mahal jika menggunakan jasa mereka. Jangan malas, di era teknologi yang serba informatif seperti ini, Anda hanya membutuhkan akses internet untuk menjadi travel agent bagi diri anda sendiri. Tak perlu repot, kini sudah banyak agen travel agent online yang memudahkan rencana perjalanan wisata anda dengan harga yang bersaing tentunya.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: