Pesona Tersembunyi Gunung Batur ( Bagian 2)

7Kutaraya.com. Di bagian Timur, kami dapat melihat Gunung Abang yang menjulang dan tampak berwarna kehijauan. Dibagian belakang dari gunung ini tampak jelas terlihat gunung agung yang pada bagian atasnya hanya tertutup oleh bebatuan-bebatuan gunung dan tanpa adanya pepohonan yang hijau. Dari kaki gunung abang kita dapat melihat danau terbesar dan terluas yang ada di Bali, yaitu danau Batur. Menurut data,  danau ini memiliki panjang pesisirnya mencapai 21 km. Pada bagian barat kita dapat melihat puncak Penulisan yang tinggi puncaknya melebihi Gunung Batur.  Sedangkan pada bagian selatan dari puncak gunung batur, kita bisa melihat daerah Penelokan yang menjadi salah satu icon wisata utama di Kabupaten Bangli.

Dalam masayarakat sekitar, Gunung Batur memang seringkali disebut juga dengan “Bukit Barak” khususnya bagi masyarakat di desa Songan. Bukit Barak memiliki arti gunung merah. Hal ini dikarenakan pada bagian utaradan timur gunung tersebut sangat didominasi oleh warna merah yang sebenarnya merupakan bagian dari lahar tipis yang telah lama membeku. Kini lahar tipis itu terlihat menutupi bagian bebatuan dan bagian pasir di gunung tersebut. Menurut peneliti, Gunung Batur berdiri tapat di antara tengah-tengah suatu kawah yang besar yang dikenal dengan sebutan Kaldera. Kaldera ini terbentuk  dari akibat adanya dua letusan yang sangat besar pada 29.300 dan 20150 tahun yang lalu. Dalam sejarah, gunung ini juga sudah seringkali meletus dan terjadi pertama kalinya pada tahun 1804. Terakhir kali, gunung batur meletus pada tahun 2000. Hingga kini gunung ini sudah tercatat meletus sebanyak 26 kali. Cukup banyak bukan ?

Disisi lain, kalian tentunya juga bertanya, hal apa saja yang menarik dalam pendakian gunung Batur ? Tentunya ada banyak hal, misalnya :

  • Salah satu tempat favorit untuk pemandangan gunung. Banyak para fotografer yang mengabadikan momen-momen indah mereka dengan latar belakang gunung ini.
  • Kita bisa mencoba hal yang berbeda yaitu memasak telur dengan menggunakan uap pans yang ada di puncak gunung ini.
  • Lokasi gunung batur ini menjadi lokasi untuk studi dalam hal mempelajari aktivitas gunung merapi yang masih aktiv dan untuk konservasi.
  • Ada batu akiknya. Betul…teman-teman juga bisa menemukan Kristal yang harus kalian gosok dahulu saat mendaki ke puncak gunung ini.
  • Terdapat pemandiaan air panas di kaki gunung batur, bisa menjadi alternatif wisatawan yang ingin bersantai dahulu.

Sangat menarik bukan ? Yuk..atur jadwal kalian untuk berwisata ke Bali sambil mendaki gunung Batur

Leave a Reply

%d bloggers like this: