Penglipuran yang Makin Memikat

penglipuranKutaraya.com . Salah satu desa wisata yaitu Penglipuran kini memang lebih dominan diminati oleh para turis-turis local dibandingkan para turis asing. Contohnya pada bln akhir maret lalu, dari total pengunjung yang berjumalh 500 orang, turis domestik masih terlihat sangat dominan. Sedangkan untuk turis asing masih bisa dihitung dalam hitungan jari. Desa wisata yang terletak sekitar 50 kilometer arah timur laut dari Denpasar menuju ke Kintamani memang sangat banyak diminati oleh grup-grup wisata dari kantor atau sekolah-sekolah yang ingin melakukan karyawisata. Dalam sehari rata-rata pengunjungnya mencapai 300 orang.

Salah satu pengunjung mengatakan bahwa mereka sangat senang sekali berwisata ke desa ini, karena mereka biasanya rekreasi hanya ke mall. Hal ini pastinya memberikan suasana yang sangat berbeda bagi para pengunjung. Suasana khas Bali , masyarakat desa yang ramah dan dengan rumah-rumah adatnya inilah yang menjadi daya pikat utama obyek wisata penglipuran. Bahkan banyak wisatawan yang juga masyarakat lokal Bali yang cukup antusias mengunjungi obyek wisata ini.

Biasanya pada siang hari ada ceramah terbuka di Balai desa yang menerangkan kepada pengunjung mengenai adat dan berbagai budaya Bali yang ada di Penglipuran. Dari ceramah inilah, para pengunjung dapat mengetahui banyak hal dan informasi  baru mengenai Bali secara detail. Misalnya tentang pecalang yang merupakan petugas keamanan yang berasal dari desa-desa adat / banjar di Bali. Selain itu pengujung akan menjadi tahu tentang tradisi-tradisi yang ada Bali.

Setelah mendengarkan ceramah tersebut, para pengunjung bisa keluar dan membeli aneka suvernir yang dijajakan di sekitar rumah-rumah penduduk setempat. Para pengunjung juga terlihat sangat antusias untuk berfoto-foto dan melihat lebih detail  aktivitas / kondisi yang ada di dalam rumah-rumah penduduk tersebut.

Jika kawan-kawan ingin merasakan suasana yang berbeda saat berlibur ke Bali, ini adalah tempat yang harus kalian kunjungi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: