Kain Tenun Khas Bali

kain-endek-baliBila anda bertanya, kain tenun khas dari Bali apa namanya ? Jawabannya adalah kain endek. Kain ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia , khususnya bagi para wanita yang pencinta kain endek. Selain terkenal, kain ini uga memiliki keunikan tersendiri karena motifnya yang beragam, bahkan untuk beberapa jenis kain tertentu kain ini masih dianggap sangat sakral. Sakral disini berarti hanya boleh digunakan untuk kegiatan / aktivitas yang berlokasi di Pura atau dalam rangka kegiatan keagamaan dalam agama hindu.

Dahulu kala, kain endek ini juga hanya diperbolehkan digunakan oleh orang-orang /golongan masyarakat tertentu saja. Contohnya golongan dari para bangsawan / raja atau kerabat raja. Pada awalnya kain endek ini berkembang pada tahun 1985 di daerah Klungkung, tepatnya di desa Sulang dan pada masa pemerintahan Raja Dalem Waturenggong. Secara lambat laun, kain endek ini mulai berkembang dan mulai diminati oleh banyak kalangan masyarakat umum. Masa puncaknya kain ini adalah sekitar tahun 1985-1995, hal ini terjadi karena adanya banyak dukungan dari pemerintah daerah.

Dalam pembuatannya dahulu, kain ini menggunakan alat tenun dan bukan menggunakan mesin. Hal ini juga tetap masih dijaga oleh para wanita-wanita Bali dalam memproduksi kain tenun endek yang unik dari Bali. Di tahun 2015 kini kain endek pun masih tetap dapat eksis dan masih tetap banyak digunakan oleh pegawai-pegawai pemerintahan pada saat hari-hari tertentu. Hal ini tentunya merupakan hal positif yang berpengaruh pada tetap eksisnya kain endek Bali di masyarakat.

Bagaimana ? anda tertarik untuk membelinya. Bila anda tertarik membelinya cobalah mencarinya di kota Klungkung, karena di Kabupaten tersebutlah asal mula kain endek lahir pertama kali.

Leave a Reply

%d bloggers like this: