Fakta Awal Krisis Air di Daerah Bali

krisis-air-ngangsuBanyak pihak / kalangan masyarakat mungkin masih meragukan fakta bahwa Bali mengalami krisis air. Namun hal ini bisa dilihat dari data-data yang dimiliki Yayasan IDEP. Menurut data tersebut, Bali akan mengalami kehabisan air dalam jangka waktu 5 tahun kedepan, hal ini diakibatkan oleh banyaknya permintaan yang ada dan melebihi dari persediaan yang ada.

Fakta Awal. Sudah lebih dari 60 persen sumber cadangan air di Bali kini dalam kondisi mengering. Permukaan airnya juga sangat turun secara drastis hingga 50 meter dalam kurun waktu kurang dari 10 taun. Air tanah yang berasal dari sumur kini telah mengering  dan sebagian besar juga terkena intrusi air laut sehingga ikut tercemar dan terasa asin. Hal ini sudah sebagian besar terjadi di daerah kawasan pariwisata Bali selatan.

Danau buyan yang merupakan sumber cadangan air bersih terbesar kedua di Bali juga telah mengalami  penurunan sebesar 50 meter pada tahun 2012 lalu. Hal ini tentunya sangat berimbas kepada kepunahan air dan ketahanan pangan / pertanian di Bali. Bila tidak ada air maka Bali tidak akan ada.

Intrusi Air Laut. Terjadinya hal ini merupakan konsekuensi yang harus diterima karena tidak seimbangnya penggunaan air yang sangat besar dengan adanya penyediaan air kembali ke tanah. Dimasa depan  bisa saja Bali akan bergantung dengan air salinasi yang menggunakan reserve osmosi. Hal ini pastinya akan memerlukan biaya yang sangat mahal. Pertanyaannya, apakah semua masyarakat mampu dalam hal ini? Masayaraka t Bali harusnya cepat tanggap akan hal ini, karena Intrusi air laut ini akan bersifat permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Solusi. Untuk saat ini pemerintah dan dan tim akademisi sudah membuat program penyelamatan air Bali bersama-sama peneliti NGO. Program ini dibuat untuk dapat mengisi kembali air tanah yang sudah hilang akibat penggunaan / konsumsi yang banyak. Oleh karena itu, sbegai generasi muda, kita harus tetap menjaga dan menggunakan air sebaik mungkin.

Air itu adalah sumber kehidupan. Have nice Day !

Leave a Reply

%d bloggers like this: