Berwisata Ke Jembatan Tukad Bangkung

jembatan-tukad-bangkungPulau Bali merupakan tujuan wisata yang sangat diminati oleh wisatawan luar maupun asing. Bali sangat terkenal dengan keindahan alamnya, terutama keindahan pantainya. Banyak pantai Bali yag terkenal seperti kuta, sanur dan lain sebagainya. Selain itu, Bali juga kaya akan wisata lainnya salah satunya adalah jembatan Tukad Bangkung. Objek wisata Tukad Bangkung ini merupakan objek wisata gratis, namun meskipun begitu keindahannya tidak kalah dengan wisata lain di Bali. Jembatan Tukad Bangkung terletak di Desa Adat Pelaga sebelah utara dari Kabupaten Badung. Jembatan Tukad Bangkung ini memisahkan 2 desa yaitu desa Belok atau Sidan dan desa Plaga. Untuk sampai ke objek wisata ini, anda bisa menempuh jarak 1,5 jam dari kota Denpasar. Selama perjalanan, anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Hutan kopi, bunga bung dan hamparan padi begitu luas yang akan anda temui setelah melewati desa Petang membuat anda terkagum kagum dengan keindahan Bali.

Berdasarkan beberapa literature, Jembatan Tukad bangkung ini merupakan jembatan yang paling tinggi se Asia Tenggara. Sedangkan pembangunan Jembatan Tukad Bangkung ini, merupakan joint operation antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Taiwan. Jembatan Tukad Bangkung ini memilih tinggi sekitar 80 meter dan panjangnya kurang lebih 500 meter sedangkan lebarnya sekitar 16 meter. Jembatan ini langsung di resmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 28 April 2007 lalu.

Jembatan Tukad Bangkung ini dibangun dengan menghubungkan 2 bukit  yang ada yaitu bukit yang berada di Desa Adat Pelaga dan satu lagi bukit di Desa Belok atau Sidan. Dahulu, sebelum dibangun jembatan Tukad Bangkung ini, warga harus memutar dan menempuh jarak kurang lebih 1,5 jam. Jika kawan-kawan ingin mencari suasana yang berbeda saat liburan, cobalah pergi ke lokasi Jembatan Tukad Bangkung.

Leave a Reply

%d bloggers like this: