Bandara baru yang segera hadir di Indonesia

bandara13uoMakin hari, makin banyak bandara yang akan bermunculan di Indonesia untuk mengantar para traveler terbang dan mendarat dengan pesawat terbang. Bandara-bandara ini akan didesain dengan canggih dan keren. Bandara anyar yang akan hadir di Indonesia, kebanyakan ada di Jawa. Sebagian bandara adalah renovasi dan perluasan bandara sebelumnya, sehingga nantinya tampil dengan wajah baru. Mau tahu apa saja bandara yang segera hadir,,?

1. Bandara Sultan Thaha, Jambi

Dimulai dari Sumatera ada Bandara Sultan Thaha Syaifuddin di Jambi yang akan dipermak habis menjadi bandara baru yang canggih. PT Angkasa Pura II (AP II) membangun bandara ini dengan ada kebun binatangnya. Mungkinkah? Yang jelas, Direktur Utama PT AP II Tri S Sunoko selaku operator dan pembangun bandara ini mengatakan, bandara ini memang dibuat dengan konsep kebun binatang (zoo airport). Mereka akan memanfaatkan kebun binatang Taman Rimbo yang sudah ada sebelumnya di sekitar bandara.Rencana ini bukan tidak menuai kritik, namun pengembang dan AP II yakin binatang dan bandara adalah bisa disatukan. Kita tunggu saja realisasinya di tahun-tahun mendatang.

2. Bandara Karawang, Jawa Barat

Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng, Tangerang sudah terlalu penuh. Para traveler pun mulai tidak nyaman. Sementara, pengalihan ke Bandara Halim Perdanakusumah tidak berpengaruh banyak untuk mengurangi kepadatan Soekarno Hatta. Pemerintah pun mempercepat persiapan pembangunan proyek bandara baru di Karawang, Jawa Barat. Perkembangan terakhir terkait persiapan proyek ini sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional menggunakan tanah Perhutani. Bandara ini nantinya dilengkapi fasilitas kereta cepat layaknya bandara modern dunia.

3. Bandara Kertajati, Majalengka

Pemerintah juga sedang mengembangkan bandara baru pengganti Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat. Bandara baru yang dibangun adalah Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Bandara Kertajati dikonsep sebagai pintu masuk Jabar menggantikan bandara lama. Bandara ini nanti dilengkapi fasilitas kereta api dan jalan tol. Kemenhub saat ini sedang membangun runway untuk Bandara Kertajati. Proses pembuatan runway telah mencapai 40%. Ditargetkan pembangunan runway baru Bandara Kertajati selesai pada tahun 2015. Untuk membangun Bandara Kerjati diperlukan dana hingga Rp 5,5 triliun. Ketika beroperasi, bandara baru ini memiliki kapasitas sama dengan kondisi Bandara Soekarno Hatta saat ini.

4. Bandara Ahmad Yani, Semarang

Indonesia akan punya bandara di atas air pertama terletak di Semarang. Inilah nantinya hasil perluasan Bandara Ahmad Yani Semarang yang merogoh kocek negara Rp 1,5 triliun dan dikerjakan PT Angkasa Pura (AP) I. Kerennya nanti, bandaranya mengadopsi konsep eco airport atau bandara ramah lingkungan karena dibangun di atas tanah rawa dan air tanpa mengganggu lingkungan sekitar. Sebanyak 90% pembangunan dan perluasan terminal baru Bandara Ahmad Yani dilakukan di tanah rawa. Butuh waktu 2 tahun untuk membangun bandara Ahmad Yani yang baru. Terminal baru ini nantinya mampu menampung hingga 5 juta penumpang per tahun. Padahal daya tampung terminal lama, kapasitasnya sebesar 800.000 penumpang, namun didatangi 3,5 juta orang per tahun.

5. Bandara Kulonprogo, DI Yogyakarta

Nah di DI Yogyakarta, Bandara Adisutjipto juga rencananya akan diganti dengan The New Yogyakarta Airport yang akan dibangun di Kabupaten Kulonprogo. Pemerintah butuh duit sekitar Rp 6 triliun dan ditargetkan bandara ini bisa melayani traveler tahun 2016. Bandara Kulonprogo ini nantinya akan dilengkapai fasilitas transportasi kereta bandara layaknya Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara. Bandara baru ini tentu akan mendukung Provinsi Yogyakarta sebagai destinasi wisata dari turis domestik dan dunia.

6. Bandara Banyuwangi, Jawa Timur

Akhirnya kita sampai di ujung timur Pulau Jawa, dengan Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur yang akan mengembangkan Bandara Blimbingsari dengan konsep hijau (green airport). Bandara ini didesain tanpa AC, kecuali di ruangan tertentu. Sirkulasi udara diatur dengan kisi-kisi dan lebih banyak ruang terbuka. Aliran air juga ikut membantu menyejukkan udara. Di sekeliling terminal, bahkan di atas terminal, tanaman hijau membentang. Juga akan ada kolam-kolam ikan yang berfungsi menurunkan tekanan udara dan pohon-pohon yang menambah kesejukan. Bandara Blimbingsari yang baru akan mampu menampung 250 ribu penumpang. Bandara juga dilengkapi 10 konter check-in sebagai antisipasi perkembangan sampai 10 tahun ke depan dengan lima maskapai yang beroperasi. Bandara baru ini diharapkan jadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Nah vacationers itu tadi ulasan tentang bandara – bandara yang akan segera hadir di Indonesia. Kita tunggu saja kehadirannya semoga cepat terealisasi ;)

Leave a Reply

%d bloggers like this: